Senin, 08 Juli 2013

Pengenalan Bahayanya Motor Ceper

Bagi pengguna ban kecil khususnya buat para ceperist jangan salah sangka dulu. Fakta ini memang benar adanya. Karena perjalanan luar kota tak segampang dalam kota, yang selalu dilewati kendaraan besar dan berat seperti truk dan bus sehingga membuat jalan yang awalnya baru diperbaiki kemudian langsung rusak lagi karena dilewati beban berat berton-ton setiap hari, jadi jangan kaget jika jalan yang baru diperbaiki kemudian berlubang dan tidak rata. Ban kecil disini berukuran 50/90 atau 2.00, 60/90 atau 2.25. Pokoknya yang dibawah standar pabrik yaitu 2.50 untuk depan dan 2.75 untuk belakang.
Dampak yang sering dialami bagi pengguna ban kecil dan akan dialami juga pada bro/sis yang baru memakai ban kecil, pada saat melewati lubang antara lain ban pecah, pelek bengkok (bahkan pecah pada pelek racing), jika pada saat menggeber motor terlalu kencang melewati lubang secara tiba-tiba. Selain itu penggunaan ban kecil juga mengurangi handling motor, sehingga mengurangi kelincahan dalam berkendaraan. Jadi berpikirlah dahulu dan bertindak sebelum pergi keluar kota dengan menggunakan ban kecil. Resiko memakai ban kecil ditanggung sendiri.
Pada prinsip dan teoritis ga ada kata “aman” buat motor ceper karena pabrikan udah ngeluarin regulasi yang aman dan nyaman buat penggunanya. selain itu motor standar pabrikan juga udah diperhitungkan kelayakannya untuk di kendarai mengacu pada suatu regulasi yang baku dan juga sudah di diskusikan ama yang berwenang (bpk. aparat kepolisian)
Nah kalo masih mau mempertahankan untuk menceperkan motornya ada baiknya ground clearance (jarak tanah ama motor) tidak terlalu pendek alias lumayan tinggi atau bisa untuk bermanuver ketika terjadi situasi di luar kendali. jadi cuma anda yang bisa memperkirakan aman tidaknya ketika berkendara.

2 komentar:

  1. Kalo ane motornya beat,,shock depan ane turunin 2cm tapi cuma nurunin segitiga doank,,shock belakang ane kasih sock aftermarket buat mio,,ban semua standar pabrik,,krna ane ga suka ban kecil,,itu lebih aman,,krna ga ada part yg d rusak/ d potong

    BalasHapus
  2. Kalo ane motornya beat,,shock depan ane turunin 2cm tapi cuma nurunin segitiga doank,,shock belakang ane kasih sock aftermarket buat mio,,ban semua standar pabrik,,krna ane ga suka ban kecil,,itu lebih aman,,krna ga ada part yg d rusak/ d potong

    BalasHapus