Rabu, 31 Juli 2013

Point Penting Dalam Perjalanan (Wajib Bagi Para Bikers)

1. PENGEREMAN
Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.
Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang

2. BERADA DI JALUR KIRI
Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan.
Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang bisa mengakibatkan luka yang serius atau kematian.

3. BERPINDAH JALUR JALAN
Saat Anda ingin berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang Anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya.
Pengendara harus memerhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

4. MELEWATI PERSIMPANGAN
Saat belok ke kiri atau ke kanan di persimpangan, sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain.
Sebelum berpindah jalur, pastikan keamanan dan keadaan lalu lintas di sekitar Anda. Jangan hanya melihat kaca spion karena kaca spion mempunyai keterbatasan pandangan.

5. RINTANGAN DI JALAN
BATU, KERIKIL, TANAH ATAU LUMPUR, DAN PASIR
Batu kerikil, tanah atau lumpur, dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan bisa menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras ketika melalui kondisi jalan seperti ini.
LUBANG DI JALAN DAN PERBEDAAN KETINGGIAN PADA BAHU JALAN
Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Anda karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan.
PEJALAN KAKI YANG MENYEBERANG JALAN
Saat berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya, namun juga perilaku dari pejalan kaki dan hewan.

6. BERKENDARA DENGAN SATU TANGAN
Anda tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan, contohnya memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari, karena Anda bisa dengan mudah kehilangan keseimbangan.

7. BERKENDARA DALAM PENGARUH MINUMAN ATAU OBAT-OBATAN
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol atau minuman keras dan obat-obatan (obat yang menimbulkan kantuk atau obat-obatan terlarang) bisa mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.

8. BERKENDARA PADA MALAM HARI
Sinaran lampu khususnya lampu depan mempunyai keterbatasan penyinaran pada malam hari. Oleh karena itu tingkatkan kewaspadaan ketika berkendara pada malam hari.

9. PATUHI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS
Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan Anda dalam berkendara.

Selasa, 16 Juli 2013

Keluarga Besar Hari Raya Idul Fitri 1433 H





Wah jadi kangen dengan cerita lebaran tahun kemarin,, berkumpul bareng keluarga besar,, bercanda gurau,, maaf-maafan,, ada yang dapet THR juga,,



Sangat bersyukur Alhamdulillah, Allah masih memberikan umur sehingga bisa berkumpul bersama keluarga besar dari kakek, nenek, anak, cucu, sampai cicit pun berkumpul disini.
Semoga aja ditahun ini dan seterusnya, tuhan tetap memberi umur yang panjang, sehat selalu untukku dan semua keluargaku,, sehingga bisa berkumpul lagi,, bercanda gurau lagi dan maaf-maafan lagi.

Sabtu, 13 Juli 2013

(Pro Kontra) Independent

Organisasi CLUB/KOMUNITAS MOTOR seringkali dihadapkan oleh perbedaan persepsi tentang pengertian tentang “independent”. Pemahaman istilah ini seringkali menjadi momok dan pada ahirnya menjadikan perpecahan dan menimbulkan permusuhan antar Club yang otomatis memudarkan hubungan brotherhood pada setiap individunya.
Independent , menurut arti bahasa Indonesia adalah:
BEBAS , MERDEKA , BERDIRI SENDIRI.
Mereka yang sama sekali tidak pernah atau tidak mau bergabung dengan yg namanya club atau kelompok atau golongan atau ikatan atau kesatuan atau paguyuban atau forum atau wadah suatu organisasi maupun tapi kadang tak jarang mereka kumpul2 bareng juga ama yg punya clubs , alasannya klasik Cari Sahabat.
Umumnya mereka yang independent itu, disebabkan oleh beberapa faktor:
Lokasi rumah Jauh dari Club yang dimaksud
Sedikit orang yang mempunyai kendaraan yang sama/sejenis dalam suatu lingkungan.
Tidak puas dengan club-club yang sudah ada --->banyak aturan, apa-apa di duitin, beli kaos lah, kartu anggotalah, iuran bulanan, stiker, sumbangan, dll dan tidak transparan dalam mengelola uang Club.
Sakit hati dengan club sebelumnya.
Malu untuk bergabung dengan CLub, dengan berbagai alasan: psikologis,kendaraan yang dimiliki jelek, ada kekurangannya.
Merasa lebih bagus/mapan, sehingga bukan kelasnya untuk gabung dengan club tertentu.
Tidak sealiran/sepaham visi misinya tentang per motoran

Kesimpulan:

Independent... sesuai dengan nama yang saat ini dalam artian gak ada siapa-siapa.selain itu. Bukan suatu club,organisasi,ataupun sejenisnya.Tidak terikat tapi mengikat,tidak diajak tapi mengajak,tidak di rangkul tapi merangkul.Intinya dimanapun independent dan club motor ada dan berada selalu/harus mengikat persaudaraan,mengajak persahabatan,merangkul wawasan.
Independent ataupun tidak,selama masih ada jiwa bikers gak ada bedanya.Asssaaallll.....kita harus menjaga nama baik/sikap kita dimanapun kita berada,sekalipun itu di jalan,apalagi kita2 sebagai seorang bikers.
Independent itu mandiri (mandi sendiri), Cari duit sendiri, cari makan sendiri, cari gandengan sendiri, cari masalah sendiri, cari sensasi sendiri, cari apa aja sendiri. Jadi kalo motornya mogok di jalan juga SALAH SENDIRI, hehe..

Jumat, 12 Juli 2013

Syarat Wajib Dalam Touring

Syarat waji dalam touring
Hay sob,, salam bikers.
Touring adalah salah satu hobi wajib yang dimilki para riders.. jiwa petualang dan berkendara. Gw rasa jarang para bikers nggk ngelakuin yang satu ini.
Gw mau berbagi tips seputar syarat wajib buat lho semua para bikers jika ingin melaksanakan touring, baik itu dalam kota maupun keluar kota, dekat ataupun jauh. Ini bukan masalah kenyamanan dalam hal berkendara, sebab banyak dari kita para riders menyukai hal yang sangat extreme dan kenyamanan itu diukur berdasarkan bikers itu sendiri.
Syarat – syarat dalam touring yang gw maksud adalah

1. Duit
Jika duit nggk mendukung, mustahilkan jika ngelakuin touring apalagi sampai ngerepotin orang lain, kan malu bangetz tu.. bawalah duit secukupnya, agar tidak menjadi korban rampok, pencuri atau maling… lebih bagusnya lagi jika lho brada n sista punya keterampilan lebih, sambil touring bisa cari uang juga..

2. Waktu
Jika lu punya waktu luang, apa salahnya untuk rekreasi, touring kemana aja yang sobat suka. Tapi jika waktu tidak memungkinkan ada baiknya jangan touring deh, sebab toring kejar target itu nggk enak banget. Bisa jadi target nggk kesampaian, malahan repot dan jadinya nggk happy donkzz..


3. Kesehatan
Kesehatan itu sangat mahal harganya, jika lho sedang sakit apalagi parah bangetz penyakitnya, mau maksain tuk touring???  Kan nggk mungkin bangetz tu.. J

Pikirkan lagi sebelum pergi touring..

Semoga bermanfaat.

Selasa, 09 Juli 2013

Motor Terunik di Dunia

Ceper adalah motor terunik didunia, dimana adanya Cuma di Indonesia aja. Dinegara laen gue rasa belom ada sob. Ciri khas dari motor ceper ini adalah bannya yang kecil dan mesinnya yang hampir menyentuh tanah. Keunikan dari motor ceper ini yakni walaupun motornya kecil, rendah, jalannya kayak siput, dan hamper menyentuh tanah namun peminat motor ceper ini cukup banyak sob. Tidak jarang dari para penghobi maupun penggila motor ceper ini touring di medan yang bukan aspal seperti off road. Woooooooowwwww, it’s AMAZING !!!!!!!!



Selain itu motor ini bisa dilipat seperti sepeda, tapi tetep layak jalan sob.

Tapi sayangnya ada daerah di Indonesia, yang memiliki peraturan ceper di larang masuk, jika masuk daerah tersebut kena tilang deh . L
Padahal selama ini, belum pernah gw denger kalo motor ceper masuk dalam daftar hitam seperti tabrakan, membuat macet jalanan. Kenapa yak ok bisa begitu ? Padahan ban kecil, terus aja dibuat oleh beberapa pabrikkan ban di Indonesia. Bingung gw jadinya L

Senin, 08 Juli 2013

Sejarah Aspal

Sejarah penggunaan aspal telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi oleh bangsa Sumeria dan Mesopotamia. Mereka menggunakan aspal (bitumen) sebagai lapis pengedap untuk bak mandi maupun kolam-kolam air di istana dan kuil. Aspal yang digunakan adalah aspal yang didapat secara alami. Aspal terdapat di alam dalam bentuk lake asphalt (seperti dodol) dan rock asphalt (biasanya keras, campuran dari aspal, tanah, kapur, dan lempung).
Aspal tercatat pertama kali digunakan sebagai bahan konstruksi jalan, terjadi di Babilonia sekitar tahun 625 SM pada masa kekuasaan Raja Naboppolassar seperti yang tercatat dalam prasasti peninggalannya.
Istilah aspal berasal dari bahasa Yunani kuno asphaltos, kemudian bangsa Romawi mengubahnya menjadi asphaltus, lalu diadaptasi ke dalam bahasa Inggris menjadi asphalt, dan kita menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi aspal.
Berabad kemudian setelah jaman Babilonia, Sir Walter Raleigh menuliskan dalam catatannya (tahun 1595) tentang penemuan deposit lake asphalt di Trinidad, dekat pantai Venezuela.
Dia menggunakan aspal tersebut sebagai pelapis dinding kapalnya.

Pengenalan Bahayanya Motor Ceper

Bagi pengguna ban kecil khususnya buat para ceperist jangan salah sangka dulu. Fakta ini memang benar adanya. Karena perjalanan luar kota tak segampang dalam kota, yang selalu dilewati kendaraan besar dan berat seperti truk dan bus sehingga membuat jalan yang awalnya baru diperbaiki kemudian langsung rusak lagi karena dilewati beban berat berton-ton setiap hari, jadi jangan kaget jika jalan yang baru diperbaiki kemudian berlubang dan tidak rata. Ban kecil disini berukuran 50/90 atau 2.00, 60/90 atau 2.25. Pokoknya yang dibawah standar pabrik yaitu 2.50 untuk depan dan 2.75 untuk belakang.
Dampak yang sering dialami bagi pengguna ban kecil dan akan dialami juga pada bro/sis yang baru memakai ban kecil, pada saat melewati lubang antara lain ban pecah, pelek bengkok (bahkan pecah pada pelek racing), jika pada saat menggeber motor terlalu kencang melewati lubang secara tiba-tiba. Selain itu penggunaan ban kecil juga mengurangi handling motor, sehingga mengurangi kelincahan dalam berkendaraan. Jadi berpikirlah dahulu dan bertindak sebelum pergi keluar kota dengan menggunakan ban kecil. Resiko memakai ban kecil ditanggung sendiri.
Pada prinsip dan teoritis ga ada kata “aman” buat motor ceper karena pabrikan udah ngeluarin regulasi yang aman dan nyaman buat penggunanya. selain itu motor standar pabrikan juga udah diperhitungkan kelayakannya untuk di kendarai mengacu pada suatu regulasi yang baku dan juga sudah di diskusikan ama yang berwenang (bpk. aparat kepolisian)
Nah kalo masih mau mempertahankan untuk menceperkan motornya ada baiknya ground clearance (jarak tanah ama motor) tidak terlalu pendek alias lumayan tinggi atau bisa untuk bermanuver ketika terjadi situasi di luar kendali. jadi cuma anda yang bisa memperkirakan aman tidaknya ketika berkendara.

bukan sekedar membentuk, tapi pahami

Beberapa hal yang dapat merusak sistem manajemen organisasi:
1. Pembentukan Klub/Komunitas tidak diikuti adanya komitment yang kuat dan arah organisasi yang jelas dan terarah.
2. Organisasi Hoby memang diakui tidak ada kewenangan dan hirarki komando/jabatan yang kuat karena organisasi ini adalah masuk kedalam kategory hoby
3. Terdoktrin seolah Bikers hanya For Fun & Happy dan menitikberatkan kegiatan utama hanya seputar motor, touring dan aksi sosial saja
4. Tidak ada kegiatan/ orang yang memberikan skill & motivasi
5. Tidak menggunakan manajemen organisasi yang baik
6. Kurangnya Regenerasi dan Kaderisasi
7. Kurang menyadari dan mengarahkan adanya potensi Bikers dalam komunitas
8. Rasa fanatisme dan eksklusifitas yang berlebihan
9. Cenderung memperhatikan program kerja untuk eksternal Bikers/ klub nya sendiri
10. Relationship minim
11. Sulit mendapatkan dukungan Sponsor dalam menjalankan program kerja & Event
12. Variatif kegiatan yang monoton
13. Kurang mendapat perhatian & dukungan masyarakat, aparat serta pemerintah
14. Image negatif karena adanya perilaku tidak simpatik di jalanan oleh sebagian klub/ komunitas
15. Kurangnya komunikasi sesama anggota dan klub lainnya
16. Mencari quantitas anggota daripada kualitas pada akhirnya sulit untuk dikendalikan
17. Organisasi sudah besar tapi tidak siap besar dan banyak yang melupakan konsep awal klub